5 Langkah Menyisihkan Gaji Untuk Ditabung, Sudah memiliki gaji tetap setiap bulannya? Itu adalah langkah awal yang baik supaya kamu bisa mencapai cita-cita finansialmu. Tapi, memiliki gaji bulanan saja tidak akan membuat kamu memiliki kondisi finansial yang baik, kamu harus mulai menyisihkan gaji kamu untuk ditabung. Menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh karena itu kamu harus memaksakan diri kamu untuk memulainya. Menyisihkan gaji untuk ditabung terkadang sangat sulit untuk dilakukan, karena ketika sedang punya uang, banyak orang jadi ingin segera memuaskan keinginan pribadinya sehingga lupa untuk menabung.

Kebiasaan menabung harus segera kamu lakukan untuk menghindari diri dari kesulitan-kesulitan yang bisa datang kapan saja. Menyisihkan gaji untuk ditabung merupakan langkah yang sangat baik untuk dilakukan. Bila kamu merasakan kesulitan untuk melakukannya, ikuti 5 langkah berikut ini supaya kamu bisa menyisihkan gaji kamu untuk ditabung.

1. Miliki Tujuan yang Jelas

Sebelum memulai menabung, kamu harus memiliki tujuan yang jelas tentang mengapa kamu ingin menabung. Kamu harus memiliki tujuan yang cukup kuat untuk mengendalikan sifat borosmu yang ingin memuaskan semua keinginanmu. Misalnya kamu menabung dengan tujuan untuk modal nikah, membeli rumah, membeli mobil, atau kamu memiliki target untuk memiliki uang sejumlah sekian pada beberapa tahun ke depan. Apapun tujuannya, pastikan tujuan itu bisa memaksa kamu untuk memperketat pengeluaran kamu.

Jika kamu sudah memiliki tujuan yang jelas dan kuat, maka sekarang kamu harus memiliki komitmen untuk terus mempertahankan tujuan itu. Karena kadang godaan-godaan yang datang bisa membuat kamu melupakan tujuan kamu dan kembali melakukan pemborosan lalu lupa untuk menabung. Itu adalah hal yang harus kamu hindari jika mau sukses menabung.

2. Tentukan Jumlah yang Akan Ditabung

Langkah kedua adalah kamu harus mulai menghitung berapa jumlah uang yang ingin kamu sisihkan dari gajimu untuk ditabung. Perhitungkan perkiraan semua prioritas pengeluaranmu dalam sebulan dan juga semua aspek pengeluaran lainnya dengan teliti untuk memiliki perkiraan yang pasti. Bila sudah memiliki perkiraan yang teliti, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan jumlah yang akan ditabung.

Menurut para ahli keuangan, jumlah yang ideal untuk ditabung adalah 10 persen dari gaji bulananmu. Namun jika kamu bisa menabung lebih besar dari itu tentu saja lebih baik. Sebisa mungkin pangkas pos-pos pengeluaran yang bisa dihemat dan masukan uang tersebut ke dalam dana untuk ditabung. Apabila memungkinkan, kamu bisa menambah jumlah dana untuk ditabung setiap bulannya.

3. Langsung Sisihkan Saat Terima Gaji

Apakah kamu sering bingung kapan waktu yang tepat untuk menyisihkan gaji untuk ditabung? Jika ya, jawabannya adalah kamu harus segera menyisihkan gaji kamu sejak kamu baru terima gaji itu. Hal ini harus kamu lakukan supaya dana yang akan kamu pakai untuk ditabung tidak terpakai untuk hal-hal lainnya. Bila kamu baru menyisihkan gaji ketika di akhir bulan, maka jumlah tabungan bulanan kamu belum tentu sama besarnya.

Selain itu, dengan mulai menyisihkan gaji dari awal bulan, kamu bisa lebih baik dalam mengatur keuangan kamu karena kamu sudah memiliki jumlah yang jelas tentang berapa banyak uang yang bisa dipakai untuk keperluan bulanan kamu. Pokoknya jangan pernah menunda untuk menyisihkan gaji saat kamu terima gaji ya.

4. Miliki Rekening Khusus Tabungan

Menyisihkan gaji untuk ditabung akan menjadi sangat sulit jika kamu tidak memiliki rekening khusus tabungan yang terpisah dengan rekening untuk kebutuhan harian kamu. Ketika sudah berkomitmen untuk menabung, kamu sudah harus memiliki minimal 2 rekening yang salah satunya dipakai khusus untuk tabungan saja. Memiliki rekening khusus tabungan akan membantu kamu dalam mengatur keuangan kamu karena pembagian uang kamu jadi jelas, berapa jumlah tabungan dan berapa jumlah yang bisa kamu pakai bisa terlihat dengan jelas.

Kamu bisa membuka rekening yang khusus dipakai untuk menabung, seperti contohnya tabungan berjangka. Jenis tabungan ini bisa membuat kamu terpaksa menabung karena fitur auto debet setiap bulannya. Selain itu, menabung jadi lebih mudah karena kamu tidak perlu repot-repot lagi memindahkan uang dari rekening yang satu ke rekening khusus tabungan.

5. Disiplin

Langkah terakhir yang juga merupakan langkah terpentingnya adalah disiplin. Disiplin merupakan kunci utama yang menentukan kesuksesan kamu dalam menabung. Semua langkah di atas akan menjadi sia-sia jika kamu tidak disiplin dalam melakukannya. Supaya kamu bisa disiplin dalam menabung, kamu harus selalu ingat tujuan dan komitmen yang sudah kamu buat di awal tadi. Jadi, jika mau pandai menabung dan punya banyak uang, disiplinkan dirimu.

Rajinlah Menabung

Setelah memiliki gaji bulanan, menabung bisa jadi lebih mudah namun juga bisa jadi lebih susah. Melawan keinginan pribadi untuk boros merupakan hal yang sulit ketika harus menyisihkan gaji untuk ditabung. Tapi jika kamu sudah memiliki komitmen dan disiplin diri yang baik, menabung menjadi mudah ketika sudah memiliki gaji, karena kamu bisa mengatur seberapa banyak uang yang bisa kamu tabung setiap bulannya. Ikutilah 5 langkah menyisihkan gaji untuk ditabung yang telah dijabarkan tadi dan segera nikmati manfaat dari menabung.

Sumber: www.cermati.com