Miliki Minimal 2 Akun Facebook

Setiap pebisnis online yang memasarkan produknya melalui social media setidaknya harus memiliki minimal 2 akun. Akun personal dan akun bisnis, Strategi Promosi di Facebook

Kenapa kok harus 2 akun?

Yang pertama, agar anda bisa memilah dan memilih dengan lebih detil target pasar anda. Ingat ya, pertemanan facebook hanya dibatasi hingga 5.000 teman saja. Sisanya hanya jadi follower dan follower ini kalau kirim pesan kan disembunyikan oleh FB dan gak bisa langsung muncul sebagaimana teman biasa.

Kedua, untuk memastikan konten yang anda buat sesuai dengan target market anda. Jadi, akun personal Suparman pake untuk brain storming sedangkan akun bisnis Suparman pake untuk tulisan yang memang benar-benar sudah matang dan teruji.

Secara tampilan profil, kedua akun ini bisa dibilang sama. Untuk membedakannya, mungkin Suparman bisa membuat 2 nama yang secara kasat mata terlihat beda walau sama. Misalnya nama saya Lutvi Avandi, maka bisa buat akun dengan nama Vandi Lutvi, L Avandi atau Lutvi A atau Lutvi Cafebisnis.

Jika ingin menggunakan nama yang samapun ndak masalah sih sebenarnya. Karena facebook sendiri memang mengijinkan Suparman membuat nama yang sama dengan nama orang lain. Makanya jangan heran kalau banyak nama yang sama di facebook. Kekurangannya mungkin Suparman akan kebingungan sendiri membedakan mana akun personal dan mana akun bisnis hehehe….

Untuk foto profil, sebaiknya gunakan foto Suparman sendiri. Baik di akun personal maupun akun bisnis. Ingat! Di facebook, sebaiknya brand yang selalu Suparman kuatkan adalah DIRI Suparman SENDIRI. Jadi, nama Suparman adalah brand. Jangan terlalu fokus di produk, apalagi jika produknya bukan produk Suparman sendiri. Karena pengguna facebook itu cenderung lebih suka person to person daripada berteman dengan perusahaan. Makanya akun owner facebook lebih diperhatikan pengguna facebook daripada fanpage facebook sendiri.

Khusus untuk akun bisnis, usahakan pilih foto terbaik anda. Yang paling cakep, paling ganteng kalau perlu foto di studio.

Maka, secara sekilas, profile kedua akun tersebut haruslah terlihat sebagai akun person, bukan akun perusahaan.

Untuk mengelolanya, saya mencoba menggunakan extension chrome bernama Swap my Cookies sehingga Suparman bisa pindah-pindah akun dengan cepat. Namun, pengalaman saya, justru akun yg lain jarang terurus hehehe… Metode ini sepertinya baru cocok kalau Suparman punya akun lebih dari 3 misalnya. Kalau hanya 2 akun, saran saya gunakan 2 browser yang berbeda saja. Misalnya chrome dan firefox. Sehingga Suparman bisa mengamati kedua akun dengan baik. Untuk copas dari satu akun ke akun lain juga lebih cepat daripada menggunakan extension chrome.